Olimpiade Catur Merupakan Salah Satu Pertandingan Kejuaraan Internasional – Catur (Inggris: Catur) adalah permainan papan strategi dua orang di mana permainan ini dimainkan dalam petak 64 kotak yang disusun dalam kotak 8 × 8 dan dibagi rata menjadi tiga kelompok (32 kotak masing-masing).

Olimpiade Catur Merupakan Salah Satu Pertandingan Kejuaraan Internasional

ftia – Game ini dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Diyakini bahwa catur berasal dari permainan India chaturanga (namanya catur) sekitar abad ke-7. Chaturanga juga dianggap nenek moyang permainan strategi serupa yang berasal dari dunia Timur, seperti xiangqi (catur Cina), janggi (catur Korea) dan shogi (catur Jepang).

Melansir wikipedia, Catur tiba di Eropa pada abad ke-9 ketika Umayyah menaklukkan Spanyol. Dipercaya bahwa bidak catur ini diperoleh di Spanyol pada akhir abad ke-15, dan aturan catur modern distandarisasi pada abad ke-19.

Cara permainannya adalah menonton semua tindakan pemain. Awalnya, setiap pemain memiliki 16 bidak catur: seorang raja (raja), seorang menteri (disebut ratu atau ratu dalam bahasa Inggris), dua benteng (benteng), dua kuda (disebut dalam bahasa Inggris) Mereka adalah ksatria atau ksatria), dua gajah (disebut uskup atau uskup dalam bahasa Inggris), dan delapan pion atau pion.

Setiap jenis bidak catur memiliki aksinya masing-masing, yang terkuat adalah ratu, dan yang terlemah adalah bidak. Tujuan permainan ini adalah untuk membuat raja lawan menjadi pendamping dengan menempatkan buah dalam posisi mengancam yang pasti akan tertangkap (atau dimakan).

Untuk mencapai tujuan ini, buah pemain harus digunakan untuk menyerang dan menangkap buah lawan sekaligus mempertahankan kendali lawan. Selama permainan, proses permainan biasanya termasuk mengganti bidak catur dengan bidak lawan yang serupa, serta menemukan dan merekayasa peluang untuk melakukan perdagangan yang menguntungkan atau mendapatkan posisi yang lebih baik.

Selain pemain shogi, jika pemain lawan keluar dari permainan atau (dalam waktu terbatas permainan) tidak cukup waktu, pemain tersebut juga akan memenangkan permainan. Ada beberapa cara untuk mengakhiri permainan dengan seri atau seri.

Juara catur pertama yang diakui secara internasional, Wilhelm Steinitz, memenangkan gelar pada tahun 1886. Sejak saat tahun 1948, Kejuaraan dari Catur Dunia ini dikelola oleh Fédération Internationale des Échecs (FIDE), organisasi pengelola papan catur. FIDE juga memberikan gelar master seumur hidup kepada pemain terampil, yang tertinggi yaitu Grandmaster (GM).

Baca juga : Game Tebak Kata adalah Game Terbaik untuk Meningkatkan Keterampilan Anak

Banyak organisasi catur nasional memiliki sistem gelar catur sendiri. FIDE juga menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wanita, Kejuaraan Dunia Remaja, Kejuaraan Dunia Senior, Kejuaraan Dunia Blitz dan Kecepatan, dan Olimpiade Catur.

FIDE adalah anggota Komite Olimpiade Internasional dan dianggap sebagai bentuk pengakuan catur sebagai olahraga. Beberapa organisasi olahraga nasional (misalnya, Consejo Superior de Deportes, Spanyol) juga menganggap catur sebagai olahraga.

Catur tercatat sebagai cabang olahraga di Asian Games 2006 dan 2010. Selain itu, Kejuaraan Catur Komunikasi Dunia dan Kejuaraan Catur Komputer Dunia diadakan. Catur online membuka pintu bagi kompetisi amatir dan profesional yang dapat mencakup kelompok pemain yang lebih luas dan lebih beragam.

Sejak saat paruh kedua pada abad ke-20, mesin catur ini telah diprogram guna bermain catur dengan tingkatan keberhasilan yang lebih sangat tinggi, bahkan program terkuat pun dapat bermain lebih tinggi daripada pemain catur manusia terbaik.

Sejak 1990-an, analisis komputer ini telah memberikan sebuah kontribusi penting bagi teori catur, terutama dalam pertandingan final. Komputer IMB, Deep Blue, menjadi mesin pertama yang menyaingi juara catur dunia, dan selamat dari kekalahan Garry Kasparov tahun 1997.

Munculnya sebuah mesin catur yang kuat bisa berjalan di sebuah perangkat genggam telah banyak menimbulkan kekhawatiran tentang adanya kemungkinan kecurangan yang ditimbulkan selama permainan.

Ada banyak variasi catur, yang menggunakan bidak, aturan, atau sebuah papan permainan yang lain berbeda. Salah satunya yaitu Fischer Random Chess, yang telah memenangkan sebuah prestise luas dan juga telah diakui secara resmi oleh FIDE.

Peraturan yang ada didalam Pertandingan Catur

Peraturan Catur yang dikeluarkan oleh Federasi Catur Internasional (FIDE), organisasi yang bertanggung jawab untuk merumuskan dan memodifikasi peraturan catur secara internasional, telah diterbitkan dalam “Manual”.

Aturan yang dikeluarkan oleh badan pengatur nasional, organisasi catur non-afiliasi, penerbit komersial, dll. Ini mungkin berbeda dari aturan yang dikeluarkan oleh FIDE. Aturan FIDE terbaru direvisi pada tahun 2018.

1. Persiapan

Buah catur terdiri dari dua kelompok hitam dan putih. Satu set terdiri dari 16 buah, menurut urutan kepentingannya terdiri dari raja, seorang pendeta, dua gajah, dua kuda, dua kereta dan delapan buah. Susunan bidak ditampilkan di sebelah kanan. Bidak catur hanya bisa menempati satu ubin.

Permainan ini dimainkan di papan permainan. Ukuran grid pada papan permainan adalah 8 baris (disebut juga level, bertanda 1-8, diurutkan dari bawah sesuai sisi buah putihnya), dan ada 8 kolom (juga disebut File, ditandai dengan huruf ah, diurutkan dari paling kiri sesuai dengan buah putih di samping), hitam dan putih (atau terang dan gelap) ditampilkan secara bergantian.

Khusus untuk menteri, menteri berwarna putih ditempatkan di atas ubin putih (biasanya di kisi D1), sedangkan menteri hitam ditempatkan di atas ubin hitam (biasanya di kisi D8). Raja ditempatkan berdampingan dan di samping menteri (buah putih di e1, buah hitam di e8).

2. Gerakan

Permainan dimulai dengan setiap pemain saling berhadapan dan (jika belum diatur) bidak-bidak diatur sesuai dengan aturan. Sebelum bertanding, pecatur memilih warna buah yang akan dimainkannya.

Pemain yang mendapat ginkgo memulai langkah pertama, dan lawan yang mendapat buah hitam maju ke babak berikutnya, diikuti oleh pemain putih dan hitam secara bergantian.

Hanya satu bagian yang dapat dipindahkan di setiap langkah (kecuali kastor, dua bagian harus dipindahkan). Memindahkan pion ke petak kosong atau petak yang sudah ditempati pion lawan, artinya merebut atau memakan pion lawan dari papan permainan.

Namun, ada juga aturan khusus untuk memakan bidak lawan, yaitu passing action. Bahkan jika pergerakannya tidak menguntungkan bagi pemain, merupakan kewajiban mutlak untuk memindahkan salah satunya selama giliran pemain.

Pemain tidak mengambil tindakan sebanyak mungkin untuk mencegah atau mencegah raja dari pemain tersebut memasang taruhan. Ada dua adegan akhir catur yang paling terkenal.

Jika pemain tidak dapat lagi mengeluarkan raja dari keadaan umum (menurut aturan), raja akan memasuki keadaan umum dan permainan akan berakhir dengan kemenangan pemain umum.

Selain itu, jika raja tidak dapat memindahkan bidak meskipun raja tidak dalam keadaan mengancam, atau permainan menunjukkan bahwa tidak mungkin lagi dua pemain untuk saling mengecek, permainan akan berakhir seri.

Setiap bidak catur memiliki aksinya sendiri-sendiri. Berikut ini adalah aturan pergerakan bidak catur. Ingat, kecuali kuda, hampir semua bidak catur tidak bisa melewati bidak lainnya, baik bidak atau bidak lawan.

3. Rokade

Rokade adalah tindakan khusus dalam catur Raja memindahkan kotak kedua secara horizontal ke benteng di baris pertama, dan kemudian menempatkan gagak di alun-alun di belakang jalan yang telah dilalui raja. Kedua benteng dapat digunakan untuk melakukan gerakan ini.

Rokade hanya dapat dijalankan jika semua persyaratan berikut terpenuhi: Raja dan samanera yang terlibat pasti tidak pernah pindah. Tidak ada buah lain antara raja dan benteng. Raja tidak terikat, dia juga tidak akan pindah ke alun-alun tempat dia terikat, dan tanah yang dilewati raja tidak dilindungi oleh bidak catur lawannya.

Rokade masih diperbolehkan untuk digunakan dalam situasi berikut (meskipun terkadang dilarang menggunakan Rockade di kompetisi tertentu) yaitu Benteng di kastil dalam keadaan tidak aman atau akan diserang. Jalan dimana benteng diserang.

4. En passant

Ketika bidak bergerak maju dua kotak dan ada bidak lawan di samping bidak tersebut, bidak lawan bisa makan dan menempati petak yang baru saja dilewati bidak tersebut, seolah-olah bidak yang ditangkap hanya pindah satu petak.

Gerakan semacam ini disebut gerakan kebodohan. Namun, gerakan ini hanya dapat dilakukan segera setelah gerakan pertama dari pasangan gerakan untuk memajukan dua kotak, jika tidak, hak lawan untuk melakukan gerakan ini akan hilang.

5. Pempromosian bidak

Ketika bidak catur maju ke baris terakhir (di area lawan), akan dipromosikan saat maju dan harus ditukar dengan beberapa buah lain sesuai keinginan pemain lain (seperti menteri, ada benteng, gajah, dan kuda) ). Pemain dengan warna yang sama. Biasanya pion akan dipromosikan menjadi menteri.

Tidak ada batasan dalam pemilihan bidak yang dipromosikan oleh bidak, sehingga jumlah bidak dengan jenis tertentu setelah promosi bisa melebihi jumlah yang seharusnya.
Misalnya, meskipun ada menteri di papan, bidak dapat dipromosikan menjadi menteri, jadi permainan saat ini memiliki dua menteri. Oleh karena itu, peserta dapat menyimpan lebih banyak bidak dari yang mereka butuhkan di awal permainan. (Misalnya, dua menteri, tiga benteng, dll.)

6. Sekak

Ketika raja diserang oleh pecahan satu atau lebih lawan, ini disebut jenderal. Pemain yang rajanya diculik harus memindahkan rajanya, dan mereka hanya bisa melakukan ini pada saat itu, jadi mereka tidak akan dikendalikan.

Hal ini dapat dilakukan dengan memakan buah ofensif musuh dan menempatkan buah di antara keduanya (jika menteri ofensif, benteng atau gajah, dan ada bata kosong antara raja dan buah lawan) untuk mengakhiri serangan lawan. Raja ubin di antaranya sedang diserang. Rockade Moves tidak dapat digunakan untuk menghindari prosedur check-in.

Tujuan permainan ini adalah untuk mencapai posisi skakmat. Skakmat akan terjadi ketika buah raja lawan terancam dan tidak bisa menyelamatkan serangannya. Jika olah raga membuat raja mati lemas sendiri, olah raga tidak boleh dilakukan.

Pemain bisa saja berteriak saat menempatkan raja lawan dalam bahaya, tapi ini tidak perlu, dan ini jarang dilakukan dalam pertandingan resmi.

7. Akhir Permainan

Dalam catur, ada dua akhir yang bisa diterima, yang bisa dicapai dengan cara berbeda.

a. Menang

Dalam kasus ini, pemenang biasanya mendapat 1 poin dan yang kalah mendapat 0 poin. Permainan bisa dimenangkan oleh satu pemain dengan salah satu cara berikut. Umum: Pemain yang berbalik sudah di tempat dan tidak bisa melarikan diri.

Pengunduran diri: Seorang pemain dapat mengundurkan diri dan mengakui kemenangan lawan. Dalam permainan besar, dianggap etiket yang buruk untuk melanjutkan permainan tanpa harapan untuk menang, sehingga permainan teratas jarang dieliminasi.

Menang tepat waktu: Dalam permainan yang menggunakan kontrol waktu, meskipun posisi lawan lebih menguntungkan, jika pemain lawan kehabisan waktu, pemain akan memenangkan permainan. Namun, ini hanya terjadi jika pemain secara teoritis memiliki kemampuan untuk mengecek lawan.

Denda: Pemain yang curang, melanggar aturan umum atau melanggar aturan khusus yang ditetapkan dalam permainan dapat didiskualifikasi dari permainan dan dinyatakan gagal oleh W.O. Dalam pertandingan tingkat tinggi, pemain mungkin didenda karena alasan berikut:

Terlambat (meski dalam beberapa detik); Penolakan untuk mengikuti tes narkoba; Menjawab panggilan atau pesan teks melalui ponsel; Penolakan untuk melakukan pemeriksaan fisik peralatan elektronik; Tindakan yang tidak menyukai olahraga (misalnya menolak berjabat tangan dengan lawan).

b. Remis

Dalam catur, permainan tidak selalu berakhir dengan kemenangan dan kekalahan, karena bisa saja ada hasil seri atau seri. Dengan seri, kedua belah pihak mencetak skor 1/2 untuk posisi seri. Permainan bisa berakhir seri dalam beberapa cara:

Remis demi kesepakatan: Dasi biasanya dicapai melalui kesepakatan bersama antarpemain. Prosedur yang benar adalah dengan mengajukan seri secara lisan, mengambil tindakan, dan kemudian memulai waktu lawan.

Secara tradisional, pemain diizinkan untuk menyetujui hasil lotere kapan saja dalam permainan, terkadang bahkan sebelum pemain memiliki waktu untuk memindahkan bidak.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah undian lotere jarak pendek, misalnya, dengan melarang tawaran undian lotere sebelum pemain bergerak tiga puluh kali.

Stalemet: Pemain yang mendapat gilirannya tidak dapat menggerakkan rajanya tanpa segera menjadi raja (ini ilegal), tetapi raja tidak dalam kendali.

Pengulangan tiga kali lipat: Bidak tertentu bergerak ke posisi yang sama tiga kali. Situasi ini paling umum terjadi ketika kedua belah pihak tidak dapat menghindari pengulangan tindakan tanpa menimbulkan kerugian.

Dalam hal ini, salah satu pemain dapat meminta seri. Kemudian, kedua pemain harus menyimpan catatan tertulis permainan yang sah sehingga jika terjadi perselisihan, arbiter dapat membuktikan klaim (penyelesaian perselisihan).

Gerak berulang tidak harus terjadi terus menerus atau terus menerus untuk dianggap efektif, bisa jadi jarak antara pengulangan pertama dan pengulangan pertama sama sekali berbeda dengan jarak antara pengulangan pertama dan kedua.

Aturan lima puluh langkah: Jika tidak ada bidak yang dipindahkan dan tidak ada buah yang dimakan dalam 50 langkah terakhir, salah satu pemain dapat mengajukan seri. Di beberapa ujung yang diketahui, mungkin ada jalan buntu, tetapi dibutuhkan lebih dari 50 gerakan untuk membuat bidak catur atau buah lawan untuk menangkapnya.

Beberapa contoh termasuk permainan akhir dengan dua kuda melawan bidak catur dan beberapa permainan akhir tanpa bidak catur, seperti pengkhotbah dengan dua gajah.

Secara historis, FIDE terkadang memodifikasi aturan lima puluh langkah ini untuk mengecualikan pengecualian pada skenario permainan terakhir yang disebutkan di atas, tetapi modifikasi ini telah dibatalkan. Beberapa organisasi catur komunikasi tidak menerapkan lima puluh aturan ini.

Lima pengulangan: Mirip dengan aturan pengulangan tiga kali lipat, tetapi dalam kasus ini, tidak ada pemain yang perlu mengajukan seri. Wasit bisa turun tangan dan menyatakan seri. Ini adalah konten yang relatif baru dari aturan FIDE (2014).

Aturan tujuh puluh lima langkah: Mirip dengan aturan lima puluh langkah, tetapi seperti aturan lima langkah, aturan ini tidak mengharuskan pemain untuk menarik lot dan memungkinkan wasit untuk campur tangan. Aturan ini juga merupakan tambahan terbaru pada aturan FIDE.

Materi yang tidak mencukupi: Jika secara teoritis tidak ada pemain yang dapat memeriksa lawan, permainan akan berakhir seri menurut aturan ini. Misalnya, jika pemain hanya memiliki satu raja dan satu kuda, dan lawan hanya memiliki satu raja, maka posisi ini secara teoritis tidak mungkin dan permainan akan berakhir seri. Di sisi lain, jika kedua pemain masih memiliki kuda, ada kemungkinan teoritis (meskipun kecil) dari pertandingan kematian, jadi aturan ini tidak berlaku.

Menarik lot tepat waktu: Dalam permainan yang dikendalikan waktu, jika waktu pemain habis dan pemain lawan secara teoritis tidak mungkin menjadi mitra, permainan berakhir dengan seri.

Aturan catur, terutama aturan FIDE, tidak lagi menganggap teman abadi sebagai seri, karena hasil yang sama dapat dicapai melalui tiga pengulangan dan aturan lima puluh langkah.

Baca juga : Pengaruh Teknologi Komunikasi di Era Modern

Olimpiade Catur Merupakan Pertandingan Kejuaraan Internasional

Olimpiade Catur Internasional merupakan kompetisi catur yang diselenggarakan secara resmi oleh FIDE sejak tahun 1927 yang berlangsung selama beberapa tahun. Sebelum Perang Dunia II, acara ini diadakan secara tidak teratur setiap tahun.

Ada pula rangkaian olimpiade catur tidak resmi yang berakhir pada tahun 1976. Meskipun banyak artikel kolom olahraga catur internasional melibatkan catur, ini bukanlah salah satu olahraga yang diakui oleh Olimpiade.

Tapi sekarang, FIDE adalah anggota Komite Olimpiade Internasional dan mematuhi peraturannya. Ini berarti bahwa suatu saat catur bisa menjadi salah satu sorotan Olimpiade, meskipun sebagian besar pengamat yang memahami mengatakan itu tidak mungkin.

Olimpiade 2008 akan diadakan di Dresden, Jerman, mengalahkan satu-satunya kandidat lainnya, Tallinn. Trofi kejuaraan beregu putri disebut Piala Vera Menchik.

Families Thru International Adoption - Informasi Forum Berita & Info Kompetisi Game