Bagaimana Cara Kerja Adopsi di Italia – Karena Italia adalah pihak dalam Konvensi Adopsi Den Haag, adopsi dari Italia harus mengikuti proses khusus yang dirancang untuk memenuhi persyaratan Konvensi.

Bagaimana Cara Kerja Adopsi di Italia

ftia – Ringkasan singkat dari proses adopsi Konvensi diberikan di bawah ini. Anda harus menyelesaikan langkah-langkah ini dalam urutan berikut agar adopsi Anda memenuhi semua persyaratan hukum yang diperlukan.

CATATAN: Jika Anda mengajukan I-600a Anda ke Italia sebelum 1 April 2008, Konvensi Adopsi Den Haag mungkin tidak berlaku untuk adopsi Anda. Adopsi Anda dapat terus diproses sesuai dengan peraturan imigrasi untuk adopsi non-Konvensi.

1. Pilih Penyedia Layanan Adopsi Terakreditasi

Langkah pertama dalam mengadopsi anak dari Italia adalah memilih penyedia layanan adopsi di Amerika Serikat yang telah terakreditasi. Hanya agen dan pengacara ini yang dapat menyediakan layanan adopsi antara Amerika Serikat dan Italia.

Baca Juga : Agen Adopsi di Ethiopia

2. Mendaftar untuk Didapatkan Memenuhi Syarat untuk Mengadopsi

Setelah Anda memilih penyedia layanan adopsi yang terakreditasi, Anda mengajukan permohonan agar dinyatakan memenuhi syarat untuk mengadopsi (Formulir I-800A) oleh Pemerintah AS, Departemen Keamanan Dalam Negeri, Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS). Belajar bagaimana.

Setelah pemerintah A.S. menentukan bahwa Anda “layak” dan “cocok” untuk mengadopsi, Anda atau agen Anda akan meneruskan informasi Anda ke otoritas adopsi di Italia. Otoritas adopsi Italia akan meninjau aplikasi Anda untuk menentukan apakah Anda juga memenuhi syarat untuk mengadopsi berdasarkan hukum Italia.

3. Dicocokkan dengan Anak

Jika Amerika Serikat dan Italia menentukan bahwa Anda memenuhi syarat untuk mengadopsi, dan seorang anak tersedia untuk adopsi antarnegara, otoritas adopsi pusat di Italia dapat memberi Anda rujukan untuk seorang anak. Setiap keluarga harus memutuskan sendiri mampu atau tidaknya memenuhi kebutuhan anak tertentu dan menyediakan penempatan keluarga tetap bagi anak yang dirujuk.

4. Mendaftar agar Anak Ditemukan Memenuhi Syarat untuk Adopsi

Setelah Anda menerima kecocokan dengan seorang anak, Anda akan mengajukan permohonan kepada Pemerintah AS, Departemen Keamanan Dalam Negeri, Layanan Kewarganegaraan dan Imigrasi AS (USCIS) untuk persetujuan sementara untuk mengadopsi anak tersebut (Formulir I-800). USCIS akan menentukan apakah anak tersebut memenuhi syarat menurut hukum AS untuk diadopsi dan masuk ke Amerika Serikat. Belajar bagaimana.

Setelah ini, penyedia layanan adopsi Anda atau Anda akan mengajukan aplikasi visa ke Petugas Konsuler di Kedutaan Besar AS. Petugas Konsuler akan meninjau informasi anak dan mengevaluasi anak untuk kemungkinan ketidaklayakan visa. Jika Kantor Konsuler menentukan bahwa anak tersebut tampaknya memenuhi syarat untuk berimigrasi ke Amerika Serikat, dia akan memberi tahu otoritas adopsi Italia (Pasal 5 huruf). Untuk adopsi negara Konvensi, calon orang tua angkat tidak boleh melanjutkan adopsi atau memperoleh hak asuh untuk tujuan adopsi sampai hal ini terjadi.

5. Mengadopsi Anak (atau Mendapatkan Perwalian Hukum) di dalam negeri

Ingat: Sebelum Anda mengadopsi (atau mendapatkan hak asuh sah) seorang anak di Italia, Anda harus menyelesaikan empat langkah di atas. Hanya setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, Anda dapat melanjutkan untuk menyelesaikan adopsi atau pemberian hak asuh untuk tujuan adopsi di Italia.

Proses untuk menyelesaikan adopsi (atau mendapatkan hak asuh hukum) di Italia umumnya mencakup hal-hal berikut:

PERAN OTORITAS ADOPSI: Peran otoritas adopsi ditetapkan oleh Bab Tiga Konvensi Den Haag. Otoritas Adopsi di Italia memiliki peran sebagai berikut:

  • Mengumpulkan, memelihara, dan bertukar informasi tentang keadaan anak dan calon orang tua angkat, sejauh diperlukan untuk menyelesaikan pengangkatan;
  • Memfasilitasi, mengikuti dan mempercepat proses dengan maksud untuk mendapatkan adopsi
  • Mempromosikan pengembangan konseling adopsi dan layanan pasca-adopsi di Negara mereka

saling memberikan laporan evaluasi umum tentang pengalaman adopsi antar negara; menjawab, sejauh diizinkan oleh hukum Negara mereka, atas permintaan yang dapat dibenarkan dari Otoritas Pusat atau otoritas publik lainnya untuk informasi tentang situasi adopsi tertentu.

PERAN PENGADILAN: Pengadilan Remaja Kota mengawasi penanganan kasus adopsi. Untuk daftar lengkap pengadilan ini, calon orang tua angkat harus mengunjungi situs web berikut.

Calon orang tua angkat memulai prosedur adopsi dengan mengajukan permintaan yang disebut “Dicharazione alla Disponabilit√† per l’Adozione” (Pernyataan Kesediaan untuk Mengadopsi) ke Pengadilan Anak di kota pilihan mereka.

Calon orang tua adopsi dapat mengajukan lebih dari satu permintaan ke Pengadilan Anak di berbagai kota selama semua Pengadilan Anak mengetahui semua permintaan yang dibuat. Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh calon orang tua angkat, Pengadilan Anak memilih anak yang lebih cocok dengan calon orang tua angkat. Tidak ada rincian lebih lanjut tentang bagaimana anak tersebut dipilih oleh Pengadilan Anak.

Ada masa pembinaan satu tahun yang dapat diperpanjang menjadi dua tahun. Selama periode itu, Pengadilan Anak setempat memantau dan memberikan dukungan kepada calon orang tua angkat. Pada akhir masa pembinaan, Pengadilan Anak membenarkan atau mencabut adopsi.

Pengadilan akan meminta intervensi dari dinas sosial setempat untuk membantu dan mengevaluasi pasangan tersebut, menyiapkan studi di rumah, dan melaporkan temuannya ke Pengadilan. Pengadilan Anak juga dapat menunjuk seorang hakim dan/atau tim ahli, yang akan mengadakan pertemuan dengan calon orang tua angkat untuk mengevaluasi mereka dan/atau memberikan informasi tambahan.

PERAN LEMBAGA ADOPSI: Dinas sosial setempat yang ditunjuk kemudian akan melakukan penelitian terhadap calon orang tua angkat untuk mengevaluasi kapasitas mereka dalam mengasuh anak, situasi ekonomi pribadi, kondisi kesehatan pribadi, lingkungan keluarga dan motivasi pengasuhan. permintaan mereka.