10 Game eSports Terbaik tahun : Hadiah & Pemirsa Terbesar – The eSports adegan terus berkembang di paruh pertama tahun 2020. Sebagai kolam hadiah dan nomor pemirsa meningkat setiap tahunnya, saya pikir aman untuk mengatakan bahwa eSports akan terus tumbuh dalam popularitas selama sisa tahun ini.

10 Game eSports Terbaik tahun : Hadiah & Pemirsa Terbesar

ftia – Apakah Anda lebih suka eSports lama seperti Counter-Strike dan League of Legends , atau game yang lebih cepat yang menarik banyak pemain seperti Call of Duty atau Fortnite .

Dikutip dari lineups, Pandemi virus corona di seluruh dunia menghentikan liga olahraga di seluruh dunia, tetapi eSports terus berlanjut dan unggul. Pemirsa pada platform streaming seperti Twitch dan YouTube telah meningkat selama tiga bulan terakhir, dengan penayangan eSports memimpin. Tapi apa eSport terbesar tahun 2020? Apakah game yang paling menarik penggemar untuk acara, yang memiliki basis pemain aktif terbesar, atau game dengan kumpulan hadiah terbesar untuk kompetisi. Untuk peringkat ini, saya akan menggunakan data penayangan acara 2019 dan 2020 dan pembayaran hadiah sejauh ini. Berikut adalah 10 eSports teratas tahun 2020:

10. NBA 2K

NBA 2K League menjalani tahun pertamanya pada 2018 sebagai mitra NBA. Tim di NBA 2K League dimiliki oleh waralaba tersebut, dan 21 tim di NBA memiliki tim di 2K League. Liga memiliki jalur konkret bagi pemain baru untuk memasuki liga. Mereka memiliki kombinasi bagi pemain untuk bersaing dan memamerkan keterampilan mereka untuk dirancang, seperti di NBA reguler. Liga 2K memiliki musim reguler 15 minggu, dengan 3 turnamen musim reguler dengan kumpulan hadiah yang signifikan. 7 tim teratas membuat postseason, serta pemenang turnamen musim reguler terakhir. Ada kumpulan hadiah $900.000 untuk babak playoff, dan tim pemenang mengambil $420.000.

Baca juga : Game Esports Teratas Untuk Tahun 2021

Liga ini masih relatif baru, tetapi didukung secara aktif oleh NBA, dan akan terus berkembang di tahun-tahun mendatang. NBA mengumumkan bahwa mereka menambahkan 4 tim lagi pada tahun 2018, dan hanya masalah waktu sebelum lebih banyak tim ditambahkan lagi. Pemirsa adalah alasan utama mengapa 2k berada di peringkat yang rendah ini. Sejak pandemi, ESPN telah menayangkan pertandingan liga 2K di ESPN 2, yang membantu meningkatkan jumlah penonton. Sebelum melakukan itu dalam sebulan terakhir, jumlah pemirsa untuk acara 2K berkisar antara 5k-10k, yang merupakan yang paling sedikit dalam daftar ini.

Kumpulan Hadiah 2020: $1,4 Juta
Rata-rata Pemirsa: 5k-10k
Pemirsa Puncak: 61,8rb (final liga 2rb 2019)

9. Rocket League

Rocket League digambarkan oleh pengembangnya, Psyonix, sebagai “sepak bola, tetapi dengan mobil bertenaga roket”. Dua tim bersaing satu sama lain untuk mencoba dan mencetak satu sama lain seperti sepak bola, tetapi setiap pemain adalah mobil kecil yang dapat terbang dan melaju di sekitar peta.

Liga Roket Kompetitif telah ada sejak 2016 ketika Seri Kejuaraan Liga Roket dibuat. Kumpulan hadiah asli adalah $55.000 ketika liga pertama kali dimulai dan telah berkembang menjadi lebih dari $350.000 untuk Acara Seri Kejuaraan yang dijadwalkan untuk paruh kedua tahun 2020, tergantung pada tingkat keparahan pandemi COVID-19 pada waktu itu.

Pemirsa untuk Rocket League relatif rendah, di luar acara-acara besar. Dari total 2,8 juta tampilan untuk Rocket League di Twitch pada 2019, 2,5 juta berasal dari akhir pekan kejuaraan kedua di bulan Desember. Puncak pemirsa untuk Rocket League cukup tinggi dan mencapai lebih dari 200 ribu pemirsa pada bulan Desember 2019.

Kumpulan Hadiah 2020: $350.000
Rata-rata Pemirsa: 25k-30k
Pemirsa Puncak: 206rb (Final RLCS Musim 8, Desember 2019)

8. Rainbow 6 Siege

Rainbow Six Siege Tom Clancy adalah penembak orang pertama taktis yang dikembangkan oleh Ubisoft yang dirilis pada tahun 2015. Permainanini amat menekankan pada penghancur area serta kegiatan sama antar player. Tiap player mengambil kontrol penyerang atau pembela dalam bentuk game yang berlainan kayak menyelamatkan tawanan, menaklukkan bom, serta mengatur tujuan di dalam ruangan. Ini adalah 5v5, dan tim pertama yang memenangkan 5 putaran memenangkan permainan.

Rainbow Six Pro League telah ada sejak 2016 dan tumbuh secara eksponensial di seluruh dunia sejak pembuatannya. Tujuh wilayah berbeda di seluruh dunia memiliki liga mereka sebagai bagian dari Liga Pro yang lebih besar. Untuk turnamen besar terbarunya, The Six Invitational 2020, kumpulan hadiahnya mengejutkan $3 juta, dan tim pemenangnya, SpaceStation Gaming, membawa pulang $1 juta.

Pemirsa untuk Rainbow 6 Siege tidak konsisten. Pertandingan liga dan putaran awal turnamen hanya menarik antara 5 hingga 10 ribu penonton. Putaran turnamen selanjutnya, menarik lebih dari 50 ribu penggemar secara konsisten dan mencapai 100 ribu untuk final turnamen besar. Basis penonton untuk game ini telah konsisten sejak dirilis dan hanya sedikit berkurang selama bertahun-tahun.

Kumpulan Hadiah 2020: $3.000.000
Rata-rata Pemirsa: 40k-50k
Penonton Puncak: 303k (The Six Invitational, Februari 2020)

7. Overwatch

Overwatch adalah penembak orang pertama yang dirilis pada tahun 2016 oleh Blizzard Entertainment. Blizzard akan berjalan dengan baik di daftar ini karena telah menciptakan banyak eSports teratas saat ini di pasar. Overwatch adalah penembak “pahlawan”, di mana setiap pemain bermain sebagai pahlawan yang berbeda yang memiliki gaya serangan dan kemampuan tertentu. Ada tiga jenis hero, hero tank yang menyerap damage dan mengalihkan perhatian musuh, hero damage yang memberikan damage paling besar ke tim lawan, dan hero support yang menyembuhkan dan membantu dalam pertahanan atau serangan.

Overwatch League (OWL) dimulai pada tahun 2018 dan merupakan liga eSports pertama yang mengadopsi model tim olahraga tradisional yang berbasis kota dan mewakili wilayah tersebut. Biasanya di eSports, nama organisasi adalah nama tim itu sendiri, tetapi di Overwatch, tim dinamai berdasarkan kota tempat ia berada dan memiliki maskot. Liga ini terdiri dari 20 tim yang dibagi menjadi dua konferensi.

Liga Overwatch memiliki kumpulan hadiah tertinggi untuk musim perdananya dalam sejarah eSports dengan kumpulan hadiah $3,5 juta pada tahun 2018. Kumpulan hadiah meningkat menjadi $5 juta secara total untuk tahun 2019 dan tetap ada lagi pada tahun 2020. Pembayaran hadiah dan waralaba adalah bukti dari komitmen utama untuk Overwatch dari Blizzard dan akan terus menjadi eSport yang sukses.

Dalam hal pemirsa, Overwatch telah menurun sejak dimulai lebih dari dua tahun lalu. Pada tahun 2018, Grand Final OWL mencapai puncak total 1,1 juta pemirsa saat ditayangkan di ESPN serta Twitch dan YouTube. Liga menurun dari 60rb untuk pertandingan musim reguler pada 2018 menjadi 45rb pada 2019, dengan tren turun yang stabil. Tim yang tidak berada di liga pro bubar karena kurangnya minat pada Overwatch secara umum dalam hal penayangan. Ini peringkat di depan game lain karena kumpulan hadiah yang besar, tetapi kurangnya dukungan di luar inti utama penggemar Overwatch mencegah game untuk berkembang dan menjadi eSport teratas.

Kumpulan Hadiah 2020: $5.000.000
Rata-rata Pemirsa 2020: 30K
Pemirsa Puncak: 1,1 juta (OWL Grand Finals 2018)

6. Call of Duty

Call of Duty adalah first-person shooter yang dikembangkan oleh Activision sebagai bagian dari Blizzard. Ini adalah salah satu waralaba game paling populer yang pernah dibuat dan semua orang tampaknya memiliki kenangan bermain Call of Duty di beberapa titik. Call of Duty pertama kali dirilis pada tahun 2003, dan versi baru dari game ini dirilis setiap tahun. Mekanisme permainan dapat berubah secara drastis dari tahun ke tahun karena pengembang game yang berbeda ditugaskan untuk membuat Call of Duty baru oleh Activision setiap tahun.

Competitive Call of Duty telah ada sejak 2010, menjadikannya salah satu liga terlama di eSports. Kejuaraan Dunia Call of Duty pertama diadakan pada tahun 2013 dan memiliki kumpulan hadiah sebesar $ 1 juta. Pada tahun 2020, kumpulan hadiah untuk liga Call of Duty (CDL) adalah $6 juta. Pada tahun 2019, Call of Duty pindah ke waralaba untuk semua tim di liga, dan tim menjadi berbasis kota dengan maskot, seperti Overwatch. Langkah ini melukai jumlah pemirsa karena mereka mulai streaming secara eksklusif di YouTube, dan Twitch adalah rumah bagi Call of Duty selama bertahun-tahun.

Pemirsa untuk Call of Duty setara dengan Overwatch. Call of Duty tidak pernah mencapai level tertinggi yang dicapai Overwatch pada tahun 2018, tetapi memiliki inti pemirsa yang kuat yang merupakan penggemar setia dan menonton setiap acara. Jumlah rata-rata penonton untuk acara Call of Duty League tahun ini berkisar antara 40rb untuk pertandingan putaran pertama sebuah turnamen, hingga 100rb untuk final turnamen CDL.

Call of Duty berada di depan Overwatch karena jumlah pemirsa mereka tetap konsisten selama bertahun-tahun, dan jumlah pemirsa Overwatch terus menurun. Juga, Call of Duty baru saja berkomitmen untuk waralaba dan memiliki kumpulan hadiah yang lebih besar, menunjukkan komitmen jangka panjang yang lebih kuat ke liga.

Kumpulan Hadiah 2020: $6,000,00
Rata-rata Pemirsa 2020: 50rb
Pemirsa Puncak: 189rb (Call of Duty Championship 2019)

5. Hearthstone

Hearthstone adalah permainan kartu koleksi gratis yang dikembangkan oleh Blizzard yang pertama kali dirilis pada tahun 2014. Permainan ini terdiri dari dua pemain yang memiliki 30 deck kartu dan seorang pahlawan. Tujuan permainan ini adalah untuk menghancurkan kartu orang lain dan pada akhirnya menghancurkan pahlawan mereka untuk memenangkan permainan. Gim ini merupakan salah satu gim paling populer di seluruh dunia, dengan basis pemain yang mencapai 100 juta pemain pada 2018. Kartu dan karakter di Hearthstone didasarkan pada seri gim video pertama Blizzard, World of Warcraft.

Kompetitif Hearthstone dimulai segera setelah dirilis pada tahun 2014 dan memiliki kumpulan hadiah $ 250.000 di tahun pertama. Kompetisi terbatas di Asia dan Eropa tetapi meningkat dengan cepat ke tingkat internasional karena popularitas permainan. Pada tahun 2019, rata-rata jumlah penonton untuk turnamen Hearthstone berkisar antara 50rb hingga 150rb, dengan 276 ribu penonton sebagai puncaknya pada Hearthstone World Championship 2019. Pada tahun 2020, hanya ada satu turnamen besar untuk Hearthstone karena pandemi Coronavirus. Pemirsa rata-rata untuk turnamen Hearthstone yang lebih kecil berkisar antara 10 hingga 15 ribu pemirsa, dan banyak streamer yang memainkan game ini.

Kumpulan Hadiah 2020: $4.000.000
Rata-rata Pemirsa 2019: 70k-100k
Pemirsa Puncak: 328k (Hearthstone World Championship 2016)

4. Dota2

Dota 2 adalah game multiplayer online battle arena (MOBA) yang dikembangkan oleh Valve dan dirilis pada tahun 2013. Ini didasarkan pada game aslinya, DotA, yang dirilis pada tahun 2003. Dalam game tersebut, dua tim yang terdiri dari lima pemain bersaing untuk memperebutkan menghancurkan struktur besar yang dipertahankan oleh tim lawan yang dikenal sebagai “Kuno”, sambil mempertahankan milik mereka sendiri. Setiap pemain memiliki karakter berbeda yang memiliki kemampuan khusus yang disebut dengan hero.

Dota 2 memiliki salah satu adegan eSports terkuat dan didukung dengan baik untuk setiap game yang dibuat. Valve menciptakan liga profesional, yang disebut Dota Pro Circuit, di mana tim bersaing untuk mendapatkan poin untuk lolos ke The International, yang merupakan turnamen utama Dota yang diadakan setiap tahun. Kumpulan hadiah untuk The International terus meningkat sejak dimulai pada tahun 2013 dan mencapai total $34 juta pada tahun 2019. Ini adalah hadiah terbesar dalam sejarah eSports dan merupakan alasan utama mengapa Dota dianggap sebagai salah satu eSports terbaik di dunia.

Meskipun kumpulan hadiah besar untuk The International, kumpulan hadiah keseluruhan untuk Dota masih belum setingkat dengan beberapa game lain yang lebih tinggi dalam daftar ini. Kurangnya turnamen merugikan Dota secara keseluruhan tetapi menjadikan The International salah satu turnamen yang paling dinanti di eSports setiap tahun.

Kumpulan Hadiah 2020: $4.000.000
Rata-rata Pemirsa 2019: 70k-100k
Pemirsa Puncak: 328k (Hearthstone World Championship 2016)

3. Fortnite

Fortnite muncul pada tahun 2017 sebagai battle royale gratis untuk dimainkan dengan grafis kartun dan permainan cepat yang dikembangkan oleh Epic Games. Mekanik unik Fortnite dibandingkan game battle royale lainnya adalah pemain dapat memanen material untuk membangun struktur dalam situasi apa pun. Ini memungkinkan pemain untuk bertahan hidup di area terbuka peta dan bertarung kapan saja. Mekanisme permainan yang serba cepat dan unik dengan cepat membawa kesuksesan bagi Fortnite, dan dengan cepat menjadi game paling populer di dunia pada tahun 2018. Fortnite masih menjadi game paling populer di dunia hingga saat ini di tahun 2020 dan memiliki perkembangan yang pesat. adegan kompetitif.

Fortnite yang kompetitif dimulai pada akhir musim panas tahun 2018, dan Epic Games menyelenggarakan seri turnamen yang disebut Summer and Fall Skirmish. Total hadiah turnamen adalah $2,6 juta, jumlah terbesar untuk turnamen pembuka untuk eSport mana pun. Pada awal 2019, Fortnite mengumumkan Piala Dunia pada Juli 2019 dan mengadakan kualifikasi piala dunia online terbuka. 40 juta orang di seluruh dunia berkompetisi dalam acara tersebut, mencoba untuk mencapai turnamen $ 3 juta, jumlah rekor untuk acara video game kompetitif.

Fortnite masih memimpin dalam hal kumpulan hadiah dan jumlah pemain. Mereka telah memberikan $7 juta dalam turnamen dan telah mengumumkan turnamen mendatang. Pada tahun 2019, Fortnite memberikan total hadiah uang di bawah $65 juta dan kemungkinan besar akan mendekati jumlah itu pada akhir tahun 2020.

Meskipun memiliki basis pemain dan kumpulan hadiah terbesar, Fortnite menempati peringkat ke-3 karena mereka rata-rata lebih sedikit pemirsa untuk acara-acara besar daripada dua eSports teratas, dan tidak memiliki tingkat kompetisi elit yang sama dengan eSports utama lainnya. Untuk memenangkan turnamen besar di Fortnite, Anda harus sangat beruntung dan juga menjadi salah satu pemain terbaik. Zona bergerak secara acak di sekitar peta setiap permainan, dan jika seorang pemain memiliki lebih banyak zona yang mendukung mereka dan tidak membuat mereka bergerak jauh di saat-saat penting, mereka cenderung menempatkan lebih baik dalam permainan dan melakukan yang lebih baik di turnamen secara keseluruhan.

Kumpulan Hadiah 2020: $ 7.000.000 sejauh ini
Rata-rata Pemirsa 2019: 150rb-200rb
Pemirsa Puncak: 2,3 juta (Piala Dunia Fortnite 2019)

2. Counter-Strike: Global Offensive

Counter-Strike: Global Offensive (CSGO) adalah penembak orang pertama yang dikembangkan oleh Valve dan dirilis pada tahun 2012. Ini adalah permainan 5v5 di mana tim penyerang, yang disebut Teroris, mencoba memasang bom di salah satu dari dua lokasi bom, dan tim bertahan yang disebut Counter-Terrorists, mencoba menghentikan mereka. Counter-Strike telah ada sejak tahun 2000, menjadikannya eSport tertua yang ada.

CSGO memiliki basis penggemar besar yang rata-rata lebih dari 100k pemirsa setiap hari selama liga pro dan dapat mencapai lebih dari satu juta untuk turnamen besar. Counter-Strike memiliki basis penggemar khusus terbesar, di luar Fortnite mungkin, dan bahkan pemain CSGO biasa masih mendengarkan untuk menonton sisi kompetitif. CSGO adalah penembak yang paling menghargai bidikan dan kecerdasan, dan itulah salah satu alasan utama mengapa ini populer. Juga, Valve melakukan pekerjaan yang baik dalam mempromosikan permainan, dan memberikan hadiah kepada pemirsa, memberi insentif kepada orang-orang untuk menonton.

Counter-Strike Kompetitif telah ada selama dua dekade sekarang dan bisa dibilang pada titik terkuatnya. Kumpulan hadiah untuk 2019 adalah $21,8 juta, dan ini adalah game kedua yang paling banyak dimainkan di PC, di belakang League of Legends. Sejauh ini di tahun 2020, ESL, liga utama di CSGO, mengumumkan bahwa jumlah penonton di tahun 2020 naik 215,5% dari Musim 10 di tahun 2019.

Kumpulan Hadiah 20202: $20.000.000 (diproyeksikan)
Rata-rata Pemirsa 2019: 200K
Pemirsa Puncak: 1,2 Juta (IEM Katowice 2019)

1. League of Legends

Di daftar teratas, kami memiliki League of Legends (LoL) yang dibuat oleh Riot Games pada tahun 2009. League adalah game multiplayer online battle arena (MOBA), mirip dengan Dota 2. Setiap tim memiliki 5 pemain yang memainkan juara yang berbeda , yang memiliki kemampuan unik tertentu. Setiap juara mulai lemah dan meningkatkan kekuatan saat permainan berlangsung. Tujuan permainan ini adalah untuk menghancurkan Nexus tim lain, atau markas sekaligus melindungi milik Anda sendiri.

Baca juga : Epic Games Siapkan Uang Rp166 Miliar Untuk Game Gratis

League of Legends adalah game yang paling banyak dimainkan di PC, dengan lebih dari 100 juta pemain aktif pada tahun 2020. League sangat populer secara internasional, dan popularitas itu juga terbawa ke sisi kompetitif. League memimpin dalam hal penayangan dan telah mendominasi sebagian besar dekade sebelumnya. Gim ini telah menjadi yang paling populer di dunia sejak dirilis dan tetap seperti itu hingga saat ini. League of Legends mencatat rekor jumlah pemirsa untuk acara eSports tahun lalu dan memiliki rata-rata pemirsa tertinggi dari semua eSport. Lebih banyak orang menonton League of Legends daripada game lain yang pernah ada dan memiliki pemain paling banyak untuk mendukungnya.

Kumpulan Hadiah 2020: $9.000.000
Rata-rata Pemirsa 2019: 170rb-250rb
Penonton Puncak: 3,9 juta (League of Legends Worlds 2019)

Ftia - Informasi Forum Berita & Info Kompetisi Game